Process Modelling: Proses Pembayaran Belanja di Transmart Pakai aplikasi Allo Bank

Process Modelling atau pemodelan proses merupakan ilustrasi grafis guna memahami, mendesain, dan menganalisa suatu proses bisnis. Seperti mengidentifikasi permasalahan critical path atau bottleneck yang mungkin terjadi, Sehingga perusahaan dapat meningkatkan performa dari pengelolaan proses bisnis.

Pemodelan proses dapat dilakukan dengan berbagai cara, cara yang sering digunakan adalah Data Flow Diagram (DFD), Business Process Modelling Notation (BPMN), dan Activity Diagram Unified Modelling Language (UML). 

Pada DFD terdapat dua jenis proses, yaitu Logical DFD yang menggambarkan proses tanpa menyarankan bagaimana mereka akan dilakukan dan Fisikal DFD yang menggambarkan proses model.

Pada implementasi contoh dibawah, akan dianalisis Proses modelling: Proses Pembayaran Belanja di Transmart dengan Menggunakan aplikasi Allo Bank. Sebelum mengalanisis, hendaknya mengetahui elemen penyusun DFD yaitu proses, data flow, data store, dan external entity.

Berikut merupakan diagram konteks dari Process Modelling: Proses Pembayaran Belanja di Transmart Pakai aplikasi Allo Bank

Berikut merupakan DFD level 1

Referensi:

  1. badoystudio.com, "contoh-dfd", 7 Mei 2023. <https://badoystudio.com/contoh-dfd/> [Diakses, 15 Mei 2023] 
  2. Ahmad, Z. (2020). PEMODELAN PROSES BISNIS Penjelasan Associations pada BPMN. Fakultas Komputer, 1–9.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS Lanjutan

EAS APSI

User Interface Design Aplikasi Ealthy!