User Interface Design Aplikasi Ealthy!

Kelompok 11

Anggota : 1. Nadira Milha Nailul Fath - 5025211253

                 2. Clarissa Luna Maheswari - 5025211003

Deskripsi Aplikasi : Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat menyarankan makanan yang aman dikonsumsi untuk pengguna yang memiliki gangguan kesehatan.

Diperlukan desain antarmuka pengguna agar aplikasi Ealthy! nyaman digunakan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Proses desain antarmuka pengguna (UI) melibatkan beberapa langkah kunci untuk menciptakan antarmuka yang efektif dan ramah pengguna, proses-prosesnya sebagai berikut:

1. Penelitian Pengguna
Memahami pengguna target, yaitu orang sakit yang mengalami penurunan kesehatan. Pelajari tentang kondisi kesehatan yang umum dialami, batasan diet, dan preferensi makanan yang umum. Wawancarai pengguna potensial untuk memahami kebutuhan mereka, masalah yang dihadapi, dan harapan mereka terhadap aplikasi.

2. Identifikasi Fitur dan Fungsionalitas
Berdasarkan penelitian pengguna, identifikasi fitur dan fungsionalitas utama yang akan ditawarkan oleh aplikasi. Misalnya, pilihan menu makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan, informasi nutrisi, rekomendasi makanan berdasarkan gejala atau kondisi tertentu, dan fitur untuk menyimpan preferensi pengguna.

3. Sketching dan Wireframing
Buat sketsa kasar atau wireframe untuk menggambarkan tata letak antarmuka pengguna. Fokus pada elemen utama seperti menu navigasi, daftar makanan, informasi nutrisi, dan pilihan penyaringan. Pastikan tata letak sederhana dan mudah dipahami oleh pengguna.

4. Desain Visual
Setelah wireframe selesai, lanjutkan ke tahap desain visual. Pilih palet warna yang nyaman dan menenangkan untuk menciptakan suasana yang tenang dan menyenangkan. Gunakan ikon yang relevan dan jelas untuk membantu pengguna memahami fungsi tombol dan kontrol.

5. Interaksi dan Alur Pengguna
Tentukan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan aplikasi. Buat alur pengguna yang logis dan intuitif, memandu mereka melalui proses memilih makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan mereka. Pastikan ada feedback visual yang jelas untuk tindakan pengguna, seperti mengklik tombol atau memilih pilihan.

6, Pembuatan Prototip
Gunakan alat desain prototipe untuk membuat prototipe interaktif dari antarmuka pengguna. Buat alur pengguna dan simulasi interaksi seperti memilih makanan, melihat informasi nutrisi, dan menyimpan preferensi. Ini akan membantu Anda menguji dan mengumpulkan umpan balik dari pengguna sebelum melakukan implementasi penuh.

7. Pengujian Pengguna
Uji prototipe dengan pengguna potensial untuk mengumpulkan umpan balik tentang kegunaan, kejelasan, dan kepuasan pengguna. Amati pengguna saat mereka menggunakan aplikasi dan minta pendapat mereka tentang pengalaman pengguna. Gunakan hasil pengujian ini untuk memperbaiki desain sebelum melanjutkan ke tahap implementasi.

8. Implementasi dan Pengembangan
Setelah prototipe diperbaiki berdasarkan umpan balik pengguna, implementasikan desain antarmuka pengguna dalam pengembangan aplikasi sebenarnya. Kolaborasi dengan pengembang untuk memastikan desain diterjemahkan dengan baik ke dalam kode.

9. Evaluasi dan Perbaikan Berkelanjutan
Setelah peluncuran aplikasi, terus pantau penggunaan dan umpan balik pengguna. Lakukan evaluasi berkelanjutan untuk mengidentifikasi masalah atau area yang dapat ditingkatkan. Gunakan wawasan ini untuk melakukan perbaikan berkelanjutan dan pembaruan pada desain antarmuka pengguna.

Setelah mempertimbangkan proses-proses diatas, kita dapat membuat desain aplikasi Ealthy!

Splash Screen


Splash screen adalah gambar atau animasi singkat yang muncul saat aplikasi atau program sedang memuat atau diluncurkan. Biasanya, splash screen ditampilkan pada awal penggunaan aplikasi dan bertujuan untuk memberikan umpan balik visual kepada pengguna bahwa aplikasi sedang diinisialisasi.

Login page


Login page adalah halaman awal dalam sebuah aplikasi atau situs web yang meminta pengguna untuk memasukkan informasi penggunaan yang valid, seperti nama pengguna dan kata sandi, untuk mengakses fitur atau konten tertentu. Tujuan dari login page adalah untuk mengotentikasi pengguna dan memberikan akses yang terbatas kepada mereka yang telah terdaftar dan memiliki izin yang tepat.

Home page


Home page adalah halaman utama atau awal dalam sebuah situs web atau aplikasi. Ini adalah halaman pertama yang muncul ketika pengguna mengunjungi situs atau membuka aplikasi. Home page dirancang untuk memberikan pengguna informasi yang relevan dan penting tentang situs atau aplikasi tersebut.

Content page


Content page adalah halaman dalam sebuah situs web atau aplikasi yang bertujuan untuk menyajikan konten kepada pengguna. Hal ini mencakup informasi, gambar, video, teks, atau elemen interaktif lainnya yang relevan dengan tujuan aplikasi atau situs tersebut. Content page merupakan komponen utama dalam merancang pengalaman pengguna yang baik dan memberikan nilai tambah kepada pengguna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS Lanjutan

EAS APSI